Rekomendasi Sudut Camber Pada Mobil

Bagi Anda penyuka modifikasi mobil tentu tidak asing dengan istilah sudut camber mobil. Sudut camber adalah kecenderungan sebuah ban miring ke arah dalam atau luar kendaraan jika dilihat dari depan mobil.

Pentingya untuk menyelaraskan sudut camber adalah demi mendapatkan pengalaman berkendara yang terbaik, berikut penjelasan terkait sudut camber yang sering ditemui pada saat pemasangan ban pada mobil.

1. Sudut Camber Positif

Sudut camber dikatakan memiliki nilai positif bila bagian atas ban miring ke luar, ketika di lihat dari depan mobil. Kemiringan ban seperti ini bisa mengurangi efek ketidak-stabilan pada bantalan. Bantalan roda (biasa disebut juga sebagai laher atau bearing) adalah bagian penting dari sistem suspensi kendaraan.

Bagian yang biasanya terpasang pada hub roda, rotor (piringan penggerak) atau tromol rem ini membantu agar roda dapat berputar dengan sempurna saat kendaraan dijalankan.

2. Sudut Camber Negatif

Sudut camber dikatakan memiliki nilai negatif, bila bagian atas ban miring ke dalam, ketika dilihat dari depan mobil. Biasanya kendaraan yang menerapkan camber negatif adalah kendaraan dengan penggerak roda di depan(front engine-front wheel). Tujuannya untuk mengatasi kecenderungan kendaraan miring saat berbelok pada kecepatan tinggi.

3. Sudut Camber Nol

Sedangkan sudut camber dikatakan memiliki nilai nol ketika bagian atas dan bawah roda sejajar pada satu sumbu vertikal jika dilihat dari bagian depan mobil.

Dalam mengatur sudut camber tidak bisa dilakukan secara sembarangan, butuh tenaga ahli yang memang sudah terlatih. Bila Anda pengguna ban mobil bridgestone, Anda bisa mengunjungi Toko Model sebagai jaringan resmi Bridgestone, untuk mendapatkan pengaturan ban dan sudut camber yang sesuai kebutuhan. Untuk mengetahui bengkel rekanan terdekat di kota Anda, silahkan klik www.tomonet.co.id.