Panduan Bagaimana Mengganti Ban Mobil Anda

Ban merupakan komponen terluar yang ada pada sebuah kendaraan yang bersinggungan langsung dengan jalan. Layaknya semua bagian pada mobil, ban memiliki fungsi penting dalam menjaga kenyamanan dan keamanan selama berkendara. Oleh sebab itu, penting kiranya untuk selalu menjaga performa ban kita dengan cara merawatnya secara rutin.

Perawatan rutin pada ban dapat dilakukan dengan memeriksa tekanan angin dan memeriksa kondisi fisik terkait ketebalan telapak ban. Jika Anda menggunakan ban dari bridgestone, Anda bisa memeriksa kondisi fisik ban melalui Tread Wear Indicator (TWI). Jika tinggi permukaan ban sudah setara dengan TWI atau tinggi kembang ban kurang dari 1.6 mm, itu berarti sudah waktunya Anda untuk mengganti ban dengan unit yang baru.

Kelebihan Mengganti Unit Ban Baru di Jaringan Resmi Bridgestone

Mengganti ban dengan unit baru bisa mendatangkan berbagai macam keuntungan, seperti mendapatkan ban dengan performa terbaik, mendapatkan rekomendasi ban yang tepat untuk berbagai jenis kendaraan dari ahlinya dan hal lain yang ditawarkan oleh produsen. Untuk mendapatkan keuntungan ini, tentu Anda harus membeli ban di tempat yang direkomendasikan oleh produsen ban, seperti TOMOnet yang merupakan website resmi yang menjual ban mobil bridgestone di Indonesia dengan garansi suku cadang asli + berkualitas.

Ketika Anda membeli ban, biasanya outlet akan membantu Anda dalam proses pemasangan ban baru, dibantu oleh teknisi yang sudah diberikan pelatihan khusus untuk mengganti ban dengan kondisi sesuai standar yang dimiliki oleh masing-masing produsen ban. Namun jika Anda memutuskan untuk mengganti ban mobil Anda sendiri karena berbagai macam alasan, maka berikut panduan bagaimana  mengganti ban mobil Anda.

Persiapkan Perlengkapan untuk Mengganti Ban Mobil

Perlengkapan yang Anda butuhkan untuk mengganti ban mobil Anda adalah dongkrak dan kunci ban mobil yang berbentuk seperti tanda positif (+). Dongkrak biasanya memiliki berbagai macam bentuk, ada yang tuas ungkit dan ada yang berbentuk ulir, pastikan Anda memiliki salah satu diantaranya.

Baca juga: Tanpa Disadari, Mungkin Hal Ini yang Menjadi Penyebab Kerusakan pada Ban Mobil Anda

Langkah-Langkah Mengganti Ban

Pertama-tama letakan dongkrak di bawah bawah mobil, dekat dengan ban yang hendak Anda ganti. Pastikan Anda memasang dongkrak pada bagian mobil yang kokoh, untuk mengetahui titik terbaik dalam pemasangan dongkrak, biasanya setiap produsen mobil mengeluarkan buku manual yang bisa Anda baca.

Pastikan dongkrak tegak lurus di antara tanah dan mobil, lalu mulai naikan tuas atau putar ulir sehingga dongkrak mengangkat ban yang hendak kita ganti. Jika sudah cukup ada ruang untuk melepaskan roda, gunakan kunci ban untuk melepaskan baut yang mengunci ban pada ring mobil. Simpan ban dalam kondisi tertidur untuk mencegah ban menggelinding, hal ini penting manakala Anda mengganti ban di tepi jalan.

Pasang ban baru pada ring dan kunci menggunakan baut. Pastikan ban sudah terkunci dengan kuat pada ring sebelum Anda melepas dongkrak, dan proses mengganti ban pun selesai.

Walau terlihat mudah, kami sarankan proses penggantian ban baru dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama berkendara. Ketika Anda membeli ban baru di TOMOnet, Anda bisa mendapatkan rekomendasi Toko Model terdekat dari lokasi Anda sehingga mempermudah dalam tahapan mengganti ban mobil.