Bagaimana Cara Memilih dan Membaca Ban Mobil Anda

Sepanjang masa pakai kendaraan Anda, ban Anda perlu diganti, dan itu bukan investasi kecil. Bagi banyak konsumen, mengetahui seluk-beluk membeli ban bisa sangat melimpah, jadi kami menyusun panduan pembelian ban yang praktis sehingga Anda akan memiliki informasi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan yang terdidik dan percaya diri

BAGAIMANA SAYA TAHU KAPAN SAATNYA MEMBELI BAN BARU?

Cara terbaik untuk mengetahui apakah atau tidak waktu untuk membeli ban baru untuk kendaraan Anda adalah meminta mereka diperiksa oleh profesional yang terlatih, tetapi ada banyak cara untuk memeriksa ban sendiri. Untuk memenuhi standar keamanan hukum, tapak tyre harus memiliki kedalaman setidaknya 1.6mm. Jika ban tidak memenuhi standar 1.6mm atau dekat dengan tidak memenuhi itu, Anda harus mengganti ban Anda. Ban juga harus bebas dari kerusakan dinding samping dan keausan tidak teratur untuk kinerja dan keselamatan yang optimal.

Anda dapat memeriksa ban Anda sendiri melalui inspeksi visual. Mulai dengan tapak - alur di sekitar ban yang membuat kontak dengan permukaan jalan. Pastikan tapak ban cukup dalam dan itu dipakai secara merata di seluruh jalan tanpa ada penyimpangan. Semua ban yang diatur DOT memiliki indikator keausan tapak terpasang yang disebut “wear bars” yang akan membantu Anda melihat saat tapak mulai usang. Indikator-indikator ini dapat ditemukan di berbagai tempat di seluruh tapak dan akan muncul ketika tapak dipakai hingga 1.6mm. Anda juga harus memeriksa dinding samping setiap ban untuk memastikan tidak ada kerusakan yang terlihat.

Jika ban Anda lulus tes ini, Anda mungkin tidak perlu membeli ban baru dulu. Sebaiknya evaluasi ulang tapak setiap beberapa ribu kilometer atau sebulan sekali, dan lebih sering lagi jika Anda mengenakan banyak keausan di kendaraan Anda atau mengemudi untuk jarak yang jauh.