Kapasitas pembebanan sebuah ban di tentukan oleh Ply Rating, Index Beban atauLoad Range, tergantung pada standar ban tersebut dibuat. Load Range (LR) dipakai di negara-negara yang memakai standar TRA, sedang Index Bebandipakai ole negara-negara yang mengacu pada standar ETRTO dan Iso. Ban-ban produk PT Bridgestone Tire Indonesia dalam proses pembuatannya selalu mengacu pada standar-standar diatas, selain standar JATMA dan SNI sebagai standar acuan utama.
Tabel Konversi Ply Rating Dengan Load Range
|
Load Range | Play Rating |
A |
2 |
B |
4 |
C |
6 |
D |
8 |
E |
10 |
F |
12 |
|
Load Range | Ply Rating |
G |
14 |
H |
16 |
J |
18 |
L |
20 |
M |
22 |
N |
24 |
|
Keterangan :
|
TRA : The Tire and Rim Association INC.
JATMA : The Japan Automobile Tire Manufactures Association INC.
ETRTO : The European Tire and Rim Technical Organization.
ISO : Internasional Standard Organization.
SNI : Standar Nasional Indonesia.
|
|
Tabel indeks beban adalah kode numerik yang menunjukan kapasitas maksimum pembebanan pada kecepatan tertentu, sesuai dengan spesifikasi ban tersebut.
Ban dengan kecepatan maksimum 210km/jam, bila dipakai melebihi kecepatan 210km/jam, maka kapasitas pembebanan maksimumnya harus dikurangi sesuai dengan standar yang berlaku.
Tabel Indeks dan Beban dan Kapasitas Pembebanan |
Load Indeks | Kg |
0 |
45 |
1 |
46,2 |
2 |
47,5 |
3 |
48,7 |
4 |
50 |
5 |
51,5 |
6 |
53 |
7 |
54,5 |
8 |
56 |
9 |
58 |
10 |
60 |
11 |
61,5 |
12 |
63 |
13 |
65 |
14 |
67 |
15 |
69 |
16 |
71 |
17 |
73 |
18 |
75 |
19 |
77,5 |
20 |
80 |
21 |
82,5 |
22 |
85 |
23 |
87,5 |
24 |
90 |
25 |
92,5 |
26 |
95 |
27 |
97,5 |
28 |
100 |
29 |
103 |
|
Load Indeks | Kg |
30 |
106 |
31 |
109 |
32 |
112 |
33 |
115 |
34 |
118 |
35 |
121 |
36 |
125 |
37 |
128 |
38 |
132 |
39 |
136 |
40 |
140 |
41 |
145 |
42 |
150 |
43 |
155 |
44 |
160 |
45 |
165 |
46 |
170 |
47 |
175 |
48 |
180 |
49 |
185 |
50 |
190 |
51 |
195 |
52 |
200 |
53 |
206 |
54 |
212 |
55 |
218 |
56 |
224 |
57 |
230 |
58 |
236 |
59 |
243 |
|
|