CAMBER

Sebagai salah satu pabrikan ban terbesar di dunia, Bridgestone secara berkala selalu meningkatkan performa produk-produknya baik dari segi kenyamanan maupun keselamatan. 80% dari kecelakaan yang terjadi erat hubungannya dengan ban dan tekanan angin yang kurang.

Lurus

Bergerak, tidak ada cember

Bergerak, dengan cember

SUDUT CAMBER

Sudut yang dibentuk oleh garis simetris ban terhadap garis vartical dilihat dari depan kendaraan
Jika tidak dilengkapi dengan camber, maka saat kendaraan akan diberi beban, roda depan akan miring dimana telapak bawah ban lebih mengarah ke luar dibandingkan yang di atas sehingga kemudi berat.

CAMBER POSITIF

Dikatakan cember positif bila jika bagian atas roda miring keluar.

CAMBER POSITIF

  • Mengurangi efek ketidak stabilan bantalan.
  • Letak beban kendaraan pada spindel mendekati bantalan dalam menyebabkan getaran yang ditimbulkan spindel diteruskan ke sistem kemudi.
  • Bantalan roda bagian dalam dibuat lebih besar.
Positif camber yang berlebihan akan mengakibatkan :
  • Keauasan ban pada bagian luar
  • Distribusi dari beban mobil pada telapak yang tidak merata

CAMBER NEGATIF

Dikatakan camber negatif bila jika bagian atas roda miring kedalam.

CAMBER NOL

Dikatakan camber nol jika bagian atas roda sejajar dengan bagian bawah.